Belajar Menjadi MomPreneur

Bicara soal hobi, sebagai seorang ibu dan istri yang setiap harinya berkutat dengan aneka bumbu dan dapurpun menjadi tempat yang paling sering dikunjungi, jadi deh masak adalah hobi hampir semua wanita. Walaupun kemampuan saya masih di wilayah masakan Indonesia dari mulai main course yang sederhana seperti opor, semur, aneka olahan nasi, aneka menu balado sampai cemilan ringan. Sebagai orang asli palembang, Pempek jadi cemilan kesukaan kami. Pempek sudah jadi cemilan wajib di rumah, awalnya kami lebih sering konsumsi pempek dari beberapa resto sekitaran Jakarta, namun akhirnya kaka ipar saya memulai memproduksi pempek sendiri. Selain lebih hemat, kami juga bisa mengontrol komposisi bahannya, yang artinya jauh lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Kita kan tidak pernah tau berapa banyak penyedap dan pengawet yang digunakan penjual. Mengolah dan mencoba beberapa kali resep dari internet, bertanya dengan kerabat di Palembang sampai akhirnya kakak menemukan komposisi resep yang pas. Bahan yang digunakan tidak terlalu banyak dan mudah didapatkan, seperti daging ikan, sagu, bawang merah, garam, untuk cukanya gula merah, asam jawa, cabai, dll. Kaka saya tidak menggunakan pengawet apapun sehingga hanya tahan 1 bulan di dalam freezer. Seperti kata orang tua, kalau urusan masakan, semakin sering kita coba maka akan semakin kita temukan rasa yang pas. Keluarga dan temanlah yang awalnya dijadikan target pasar pertama untuk meminta saran, Alhamdulillah semakin banyak yang memuji rasanya, timbul gagasan untuk mulai memasarkan pempek homemade ini, sambil mencari-cari distributor ikan tenggiri yang menawarkan harga bersahabat. Saat itu kendalanya adalah harga ikan yang cukup mahal ditambah proses penggilingan daging ikan yang lama. Sampai pada akhirnya dia menemukan produsen daging ikan Tenggiri yang siap masak, fresh dan punya harga bersahabat walaupun minusnya harus pesan dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan memanfaatkan hobi suami yang suka jeprat jepret, jadilah tampilan sederhana dari pempek Ciyana.

Pempek Kapal Selam, Adaan, Lenjer dan Kulit Setelah di Goreng

Dari hobinya di dapur, kini dia bisa buka lapak disekitaran rumah dan kantor. Biasanya tetangga dan keluarga melakukan pemesanan dalam jumlah besar untuk acara-acara tertentu.

Pempek Yang Sudah Siap Kirim

Packagingnya masih sangat sederhana, besar harapan kedepannya akan ada improvement lagi. Dan bicara mengenai Buka lapak, rasanya berdagang jadi keutamaan pekerjaan seorang muslim, seperti sebuah pesan cinta dari Rasulullah تِسْعَةُ أَعْشَارِ الرِزْقِ فِي التِّجَارَةِ yang artinya “Sembilan dari sepuluh pintu rejeki ada dalam perdagangan”.

Banyak yang harus diperbaiki dari lapak yang ditekuni, mulai dari packaging, cita rasa, variasi menu hingga strategi pemasaran. Kami mencari inspirasi dari shopping experience ke beberapa E-commerce yang sudah besar. Salah satunya BUKALAPAK.COM dan HIJUP.COM. Pengalaman berbelanja di 2 situs tersebut kami jadikan acuaan, mungkin untuk kedepannya bisa kami terapkan pada lapak kecil kami.

HIJUP

Hijup saat ini sudah menjadi E-commerce fashion hijab Indonesia yang paling sering diakses oleh muslim Indonesia. Hijup yang didirintis sejak tahun 2011 oleh sosok muda lulusan FISIP UI yaitu Mba Diajeng lestari, saat ini sudah memiliki puluhan tenant yang sebelumnya hanya 11 brand saja pada saat awal dirintis. HIJUP bukan hanya E-commerce berkonsep online mall yang mempermudah kita menemukan banyak koleksi muslim dari berbagai Brand tapi sudah banyak membantu banyak designer, pengusaha kecil dan brand lokal untuk memiliki wadah menyalurkan hasil karyanya. Tidak hanya brand Meccanism, Dian pelangi, KIVITZ, Jenahara yang sudah banyak dikenal, tapi saya jadi mengetahui beberapa brand lokal kreatif lainnya seperti Indij, Maima, Nadjani, Radwah, dll. First impression saya saat mencoba berbelanja di Hijup.com adalah ‘Simple way to find out their collection’.

Tampilan Website Hijup

Design websitenya yang simple dan tata letak per-kategorinya sangat memudahkan saya mencari apa yang saya inginkan. Selain itu saya dapat dengan mudah mengetahui produk new arrivals, product on sale, back in stock hingga most popular product dengan sub khusus yang disediakan. Saya banyak menemukan shopping experienced berbeda dari HIJUP antara lain:

  • Free Shipping Worldwide
  • Pilihan pembayaran yang lengkap, mulai dari credit card, bank transfer hingga pilihan COD (Cash on Delivery) untuk wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung dan Medan
  • Private Shopping melalui LINE (LINE account : @hijup), customer support Hijup juga sangat helpful dan friendly. Saya pernah melakukan retur karena salah satu produk yang saya order kekecilan, mereka punya term and condition yang sangat bersahabat loh ditambah CS yang super sigap membantu saya. Keep the good work team….
  • Koleksi lengkap dari banyak Brand, sehingga range harganya makin banyak dan makin bingung ya pilih model hehehe
  • Banyak penawaran diskon dan promo, HIJUP.COM juga memberikan inspirasi padu padan outfit, tips-tips, lookbook hingga hadist atau renungan islami melalui akun instagramnya @hijup.com
  • Kemudahan mengakses, bisa melalui web, aplikasi di handphone dan LINE

Yukk cobain shopping experience di HIJUP.COM dengan langsung akses websitenya, install aplikasinya di smartphone atau merasakan langsung private shopping melalui LINE accountnya, atau mulai termotivasi untuk menjadi salah satu tenant di HIJUP.

BUKALAPAK

Nah sebelum HIJUP dirilis oleh mba Ajeng, suami mba Ajeng yaitu Mas Achmad Dzaky sudah duluan bergelut di dunia jual beli. Dia mendirikan usaha ini pada tahun 2010. Dengan konsep consumer-to-consumer, Bukalapak menjadi wadah jual beli produk terkemuka dan terpercaya di Indonesia. Kamu cari apa saja dan mau jual apa saja bisa disini, selain itu sangat aman karena ada jaminan 100% uang kembali jika orderan kamu tidak dikirim oleh pelapak < ini penting ya. Menurut saya Bukalapak hadir dengan wajah yang berbeda, coba saja lihat setiap iklan dan penawarannya kadang-kadang membuat tertawa geli. Sangat update, berani, eksis..pokoknya kekinian.

Tampilan Website Bukalapak

Shopping experienced saya di Bukalapak juga sangat menyenangkan, saya dengan mudah dapat menemukan produk yang saya cari. Hanya mengetik produk yang dicari pada kolom pencarian lalu muncul banyak sekali pilihan pelapak yang menjual produk tersebut. Pastinya membuat saya dengan mudah menemukan harga terbaik dari semua produk tersebut. Pilihan pembayaran yang banyak dan pastinya aman. Produk pesanan saya saat itu dikirimkan sesuai estimasi oleh pelapak. Kenyamanan dan keamanan transaksi yang sangat saya sukai dari berbelanja disini.

Saya bisa menemukan harga dan produk dari A-Z ditambah banyak benefit lainnya seperti metode pembayaran yang variatif, kemudahan akses (tersedia aplikasi bukalapak yang bisa kita install di smartphone) hingga promo yang menggila. BUKALAPAK.COM dan HIJUP.COM tidak hanya menjadi E-Commerce yang bisa mempermudah kita berbelanja tapi memberikan wadah dan kesempatan untuk kita menekuni sebuah usaha. Keduanya juga sering berkontribusi memberikan inspirasi dan motivasi melalui beberapa kegiatan dan workshop yang mereka adakan. Find the other inspirations from them:

Twitter: @HIJUP | @Bukalapak

Facebook: https://www.facebook.com/HIJUPcom dan https://www.facebook.com/bukalapak

Leave a Reply