Mendukung Anak Menjadi Juara Hebat Kebaikan

Ibu mana yang tidak bahagia dan bangga melihat buah hatinya tumbuh menjadi anak yang hebat. Anak yang hebat tidak hanya cerdas tapi juga memiliki nilai kebaikan dalam dirinya. Kecerdasan intelektual dan emosionalnya seimbang. Kecerdasan intelektual sendiri dapat terlihat dari kemampuan berhitung, cepat tanggap dan daya ingat, sedangkan berempati dan berbagi adalah wujud dari kecerdasan emosional. Senang rasanya jika sebagai orang tua dapat memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Ramadhan kali ini Arfa sangat membanggakan buat saya, terlebih ketika dia sudah memiliki adik. Terkadang saya repot mengurus adiknya, sehingga banyak pekerjaan rumah yang tertunda, membuat dia berinisiatif membantu saya, tanpa disuruh. Sahur saat itu, saya dibuat terharu olehnya, dia merapikan semua piring dan gelas karena saya sedang menyusui adiknya. Anak memang seperti spons, menyerap apapun yang ada disekitarnya. Dia cepat meniru apapun yang kami lakukan. Saya percaya kebaikan yang terbentuk dari dalam, nantinya akan menjadi kebiasaan yang semakin lama menjadi karakter dirinya.Bulan Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk mengajak anak memulai melakukan kebaikan. Seperti yang Shiren Sungkar ungkapkan bahwa berbuat baik adalah suatu keharusan. Melibatkan anak dalam kegiatan sehari-hari adalah cara yang ia biasa lakukan untuk membantu menumbuhkan nilai tersebut. Sejak kecil Arfa pun sering saya libatkan untuk membantu kegiatan di rumah, seperti mengirim pesanan, belanja, hingga mempersiapkan keperluan mandi adiknya.

Selain melibatkan dia dalam berbagai kegiatan, saya juga percaya jika nutrisi yang cukup menjadi pendukung tumbuh kembangnya. Susu merupakan pelengkap makanan yang selalu saya berikan, terutama malam hari sebelum tidur. Beberapa nutrisi yang mungkin tidak dia dapatkan dari makanan, bisa dia peroleh dari susu. Selain itu, susu menjadi tambahan kalori untuk menunjang aktivitasnya. Saya mempercayakan Bebelac sebagai pendamping kebutuhan Arfa sejak awal. Bebelac tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi Arfa, Bebelac juga berperan aktif untuk membangun generasi hebat Indonesia melalui campaign-campaign positifnya. Bebelac mendukung para ibu untuk terus menanamkan nilai kebaikan sejak dini, sehingga semakin banyak Juara hebat kebaikan.

Aksi nyata dari Bebelac tidak hanya itu, pada tanggal 17 Juni 2017, bertempat di Patio Trattoria & Pizzeria Jakarta Selatan, Bebelac mengundang Rumah Yatim, bloggers dan keluarga untuk saling berbagi dan berbuka puasa bersama. Gathering tersebut sangat bermanfaat dan menyenangkan. Para bunda dan ayah mendapatkan banyak ilmu mengenai parenting skill, bagaimana mendukung dan mengajarkan anak nilai-nilai kebaikan sejak dini.

Melalui Mba Roslina Verauli dan Binky Paramitha dari Rumah Dandelion, saya jadi mengetahui bahwa dukungan sosial juga sangat diperlukan, tidak hanya IQ dan EQ. Dukungan sosial dapat kita terapkan dengan memberikan kesempatan atau ruang kepada anak untuk melakukan kebaikan sesuai inisiatifnya. Namun, ketika anak merasa sulit atau memerlukan bantuan, kita tetap siap mendampinginya. Apapun hasil dari aksi atau usaha yang sudah dilakukan anak, kita harus selalu memberikan apresiasi. Hal ini jadi reminder tersendiri buat saya, terkadang saya hanya memuji usahanya yang ‘berhasil’’ tapi melupakan usaha lainnya yang sudah dia lakukan. Apresiasi juga harus tepat, sesuai dengan perilaku dan usaha yang anak lakukan. Bentuknya dapat berbagai macam cara, bisa dengan tepuk tangan, kalimat pujian ataupun dengan pelukan. Nah kalau saya dan Arfa lebih suka berpelukan, sambil berbisik di telinganya ‘’Abang pintar”…”Bunda sayang Abang”

Selain keseimbangan IQ+EQ+dukungan sosial, diperlukan juga role model yang baik atau contoh langsung penerapan nilai kebaikan, membiasakan anak untuk terlibat aktif dan terus memotivasi anak dengan memberikan apresiasi serta pendampingan.

Rasanya saya belum bisa move on dari acara kemarin. Nuansa orange dengan berbagai hiasan cantik, membuat suasana workshop sangat menarik. Tim Bebelac juga menyediakan arena bermain yang sangat nyaman, anak-anak asik mewarnai buku bersama kakak-kakak dari Rumah Yatim. Selain itu tersedia juga sweet table yang berisi aneka cup cakes dan lollipop..wahh kesukaan Arfa.

Acara semakin seru saat Om Noval selaku MC mengajak semua kakak-kakak dari Rumah Yatim dan Sanggar AP Stadela untuk bercerita mengenai kebaikan apa yang sudah dilakukan.

Mengutip perkataan psikolog Roslina Verauli, nilai kebaikan perlu ditanamkan sedari dini kepada anak agar kecerdasan emosi mereka semakin terasah dan tumbuh menjadi anak dengan kepribadian yang kuat. Mereka akan berani dan percaya diri untuk bisa berbagi kebaikan.

Di bulan penuh kebaikan ini, kita bisa ikut serta dalam menularkan nilai-nilai kebaikan kepada orang lain. Aksi kebaikan anak yang kita bagi, bisa jadi inspirasi untuk berbuat hal yang sama. Yuk bagikan aksi kebaikan anak, dapat berupa foto atau video yang diunggah ke alamat Website Bebelac. Dengan membagi aksi kebaikan ini, kita sudah ikut berdonasi kepada Rumah Yatim. #juarahebatkebaikan

GROW THEM GREAT

Leave a Reply