Healthy,  Lifestyle,  Parenting,  Review

Lactacyd Liquid Baby, Solusi Perawatan kulit Bayiku

Menjadi seorang ibu adalah perjalanan hidup luar biasa bagi saya. Saya jadi mengerti bagaimana perasaan ingin memberikan segalanya timbul begitu saja. Berbagai rasa dan pengalaman hidup yang setiap harinya berubah. Belajar sana sini demi ilmu-ilmu baru untuk  menjadi ibu terbaik bagi duo MAZ, yup semua ibu selalu ingin memberikan yang terbaik.  Salah satunya bagaimana merawat mereka saat sakit. Sejak Arfa terkena asma, saya dan suami concern untuk mengatur ruang tidur menjadi super minimalis tanpa banyak barang, karena salah satu pencetus asmanya adalah  debu, kami juga terbiasa melakukan terapi uap sendiri di rumah, meracik obat-obatan yang sudah diresepkan sebelumnya oleh dokter. Berbekal pengalaman Arfa sebelumnya, kami sudah mempersiapkan sejak dini segala perlengkapan medis jika Arsyila juga terkena asma.  Alhamdulillah ternyata tidak, namun tantangan baru muncul. Arsyila memiliki kulit yang sangat sensitif dan mudah iritasi. Saat usianya 3 bulan, Arsyila mengalami iritasi di sekitar lehernya. Kulit yang meradang tampak basah dan muncul bintik-bintik merah. Pastinya sangat gatal sehingga membuat dia rewel seharian.  Tidak hanya itu, di sekitar dahi, belakang kuping, tangan dan lipatan kulit, muncul bintik-bintik merah atau yang biasa kita kenal biang keringat. Tidak hanya gatal, biang keringat membuat kulitnya menjadi kasar.

Berbagai treatment sudah kami coba untuk mengatasi radang kulit dan biang keringat yang mengganggu bayi montok ini. Mengganti semua perlengkapannya dengan produk khusus hypoallergenic hingga menjaga agar ia tidak kepanasan. Saat kepanasan maka kulitnya langsung merah dan biang keringatpun makin banyak jumlahnya. Beda halnya jika ia berada di ruang ber AC. Tapi AC tidak mungkin bisa menyala sepanjang hari, mengingat pesan sponsor dari suami untuk sedikit berhemat #ups. Setelah mencoba mengganti sabun dan perlengkapan lainnya, belum terlihat perubahan pada kulit Arsyilla. Biang keringatnya masih betah berada di sekitar lipatan, tangan dan dahi. Sampai akhirnya saya mencoba Lactacyd Liquid Baby Skincare. Rekomendasi dari beberapa teman.

Lactacyd Liquid baby Skincare ini merupakan sabun cair yang memiliki kandungan Lactoserum dan Lactic Acid dengan tambahan ekstra susu, membantu mengatasi biang keringat dan iritasi ringan pada kulit bayi. Selayaknya otak bayi yang belum berkembang sempurna, struktur kulit bayi dan fungsional lainnya juga belum sempurna seperti orang dewasa, jauh lebih tipis. Kelenjar minyak dan kelenjar keringat pada bayipun belum berfungsi optimal, sehingga proses adaptasi dengan suhu sekitar sangat terbatas. Hal itu yang membuat biang keringat pada Arsyilla terus bermunculan saat ia kepanasan. Kesehatan kulit bayi menjadi sangat penting karena kulit adalah organ terluar dari tubuh, kulit merupakan benteng pertama yang menjaga tubuh kita dari ancaman yang datang dari luar, seperti bakteri, radiasi sinar matahari sampai berbagai iritasi. Biasanya kalau ada iritasi atau keadaan tidak nyaman, kulit akan memberikan alarm tersendiri, seperti kemerahan, bintik-bintik atau reaksi kulit lainnya.

#LactacydBaby ini sudah menjadi solusi dalam mengatasi biang keringat dan radang kulit yang Arsyilla alami. Radang kulit di sekitar leher hilang dan biang keringat berkurang.

Seperti foto di atas, biang keringat Arsyilla berkurang. Senang rasanya melihat kulit lembutnya kembali seperti semula. Ternyata tidak hanya biang keringat, beberapa permasalahan kulit bayi lainnya juga dapat diatasi dengan produk ini, seperti Eksim, ruam popok, kerak di kepala bayi hingga Milia atau yang biasa kita kenal bintik putih seperti komedo di sekitar hidung dan wajah bayi. Perubahan akan terasa setelah beberapa minggu menggunakannya. Selain menggunakan Lactacyd liquid baby dengan rutin, treatment lainnya juga perlu dilakukan seperti :

  • Bersihkan tangan sebelum mengganti diaper atau berinteraksi dengan kulit bayi
  • Sering mengganti diaper atau popok bayi, sebelum mengganti sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk yang lembut. Jangan membiarkan kulit bayi terlalu lama basah dan lembab.
  • Gunakan pakaian dengan bahan yang lembut dan menyerap keringat.
  • Tidak menggunakan produk skincare sembarangan apalagi skincare orang dewasa.
  • Tidak menggunakan produk perawatan bayi seperti lotion, bedak dan parfum secara berlebihan.
  • Sering membersihkan dan mengeringkan area lipatan pada kulit bayi.

Fungsi proteksi pada kulit bayi memang masih lemah, sehingga bayi lebih mudah terkena iritasi. Untuk itu kita perlu menjaga kebersihan sampai memilih produk skincare yang tepat. Penting rasanya untuk mengetahui siapa produsen, sumber dan ingredients apa yang terdapat di dalam sebuah produk perawatan kulit yang akan kita gunakan, terlebih untuk bayi. Lactacyd Liquid Baby ini sudah sejak lama menjadi produk yang direkomendasikan beberapa Dokter Anak.  Banyak alasan kenapa saya mempercayai Lactacyd liquid Baby sebagai produk perawatan kulit, diantaranya:

Dermatologist Tested

Lactacyd Baby ini sudah mendapatkan lisensi dari Sanofi Winthrop Industrie Paris. Perusahaan yang sudah memiliki sejarah panjang di dunia farmasi dunia. Sehingga Lactacyd baby Skincare sudah menjadi brand International yang dipercaya oleh banyak ibu di berbagai negara. Produk #BabySkinExpert yang sudah mendunia pastinya sudah teruji secara klinis. Ujicoba dilakukan oleh beberapa dermatologis atau dokter kulit terpercaya, sehingga produk Lactacyd baby skincare sangat aman digunakan untuk bayi dan anak. Selain itu produk ini sudah terdaftar di BPOM, wah makin yakin kan untuk menggunakannya.

Sesuai pH kulit bayi

Apa sih pH?, pH (Potential Hydrogen) adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur kadar keasaman kulit. Tentunya pH bayi dan orang dewasa berbeda. Nah jangan sampai produk dewasa digunakan juga untuk bayi, jelas memiliki formula yang berbeda. Lactacyd Liquid baby ini memiliki pH 3-4  yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan alami kulit bayi. Kulit bayi yang masih tipis dan rentan terhadap iritasi dapat dijaga agar tetap sehat dan lembut dengan pH yang cocok.

No Fragrance Oil dan No Detergen

Fragrance oil atau bahan pengharum kimiawi ini sering digunakan diberbagai produk sabun dan sampo. Seperti yang kita ketahui, bahan pengharum ini kurang baik untuk kulit bayi yang masih sensitif. Bukan berarti Lactacyd liquid ini tanpa wangi sekalipun, tetap ada wangi harum yang berasal dari kandungan natural orange flavornya. Saya pribadi  sih sangat suka dengan wangi jeruk alaminya. Jangan kaget juga jika tidak banyak busa ketika menggunakan Lactacyd Liquid baby ini, tidak seperti sabun atau shampo pada umumnya. Hal ini disebabkan karena Lactacyd tidak mengandung detergen. Detergen pada sabun dan shampo digunakan untuk menghasilkan busa saat digunakan. Dari berbagai sumber yang pernah saya baca, justru kandungan detergen kurang baik bagi kesehatan kulit. Surfaktan dalam detergen dapat membuat kulit menjadi kering, kasar bahkan hilang kelembabannya. Kebayang donk kalau itu terjadi sama kulit bayi yang masih tipis tadi.

Berasal dari Bahan Alami Pilihan

#LactacydBaby memiliki kandungan bahan alami pilihan. Kandungan alaminya mampu menjaga kulit bayi tetap sehat dan lembut. Bahan baku air (aqua) menjaga kulit bayi tetap lembab. Selain itu ada kandungan TEA-lauryl sulfate, membantu mengusir kuman yang menempel pada kulit. Kandungan lainnya yang dapat menjaga kelembutan dan kelembaban kulit bayi adalah Ekstrak susu sapi, hydrogeneted peanut oil, dan Ethyleneglycol stearate.

Komposisi: Aqua, TEA-lauryl sulfate dan Ammonium lauryl sulfate, Arachis hypogea oil dan Diethyleneglycol stearate and Ethylene glycol stearate. Lactic acid, Whey filtrate (Lactoserum), Ethylhydroxyethylcellulose, Natural orange flavor, Sodium methyl paraben, Sodium hydroxide, Cholesterol, dan Phosphoric acid.

Lactacyd hadir dengan berbagai ukuran dan dapat dibeli di berbagai apotik, e-commerce dan supermarket. Cara menggunakan lactacyd liquid baby ini sangat mudah, biasanya untuk area kulit yang sedang meradang, saya bersihkan secara terpisah. Campur 2 sendok teh Lactacyd ke dalam air hangat. Airnya jangan terlalu banyak, lalu ambil kapas dan bersihkan dengan menepuk-nepuk secara halus. Setelah itu gunakan kain lembut atau whaslap untuk mengeringkannya. Lactacyd aman digunakan setiap hari, biasanya saya menggunakannya 2 kali sehari pada saat Arsyila mandi, caranya dengan meneteskan 2-3 sendok teh atau sekitar 5 ml Lactacyd ke dalam wadah. Usap dengan lembut dan merata, terutama bagian lipatan-lipatan kulit bayi. Bilas dengan air bersih dan keringkan kulit bayi dengan handuk lembut.

Semoga dengan Lactacyd Baby semua kelembutan dan kesehatan kulit bayi tetap terjaga. Moms juga bisa berbagi pengalaman ataupun mendapatkan informasi lebih banyak mengenai perawatan kulit bayi dengan mengunjungi Fanpage Facebook Lactacyd dan Twitter.

6 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: