Liburan Backpacker ke Lombok Dengan Budget Nggak Sampai Rp 2 Juta, Bisa!

Travelling buat saya menjadi hal yang harus dilakukan minimal setahun sekali. Rasanya perlu untuk nge recharge diri dari rutinitas yang padat dengan berlibur ke suatu tempat. Tahun ini beberapa destinasi sudah terbayang di kepala, namun terkadang belum bisa terealisasikan karena masalah budget. Apalagi jika destinasi di luar pulau Jawa, contohnya Lombok, waah hal pertama yang terbayang ketika bicara tentang liburan ke Lombok adalah biayanya yang mahal.

sumber:wikipedia.org

Padahal, sebenarnya liburan ke pulau cantik ini nggak semahal yang kita kira. Apalagi kalau memilih jalur backpacker selama liburan di sana. Nggak sampai Rp 2 juta, semua biaya liburan selama tiga hari dua malam bisa tercukupi, termasuk beli oleh-oleh. Wah ini menjadi kabar baik dan bisa menjadi acuan saat liburan nanti nih.

Penasaran? Seperti ini itinerary dan budgetingnya buat liburan di Lombok :

  • Hari Pertama

Langsung menuju Gili Trawangan

Nggak perlu menyiksa diri dengan perjalanan darat yang waktunya panjang dan melelahkan. Cari saja tiket promo ke Lombok, yang harganya bisa mencapai Rp 600 ribu sekali jalan dari Jakarta, kalau kamu rajin cari diskonan bisa saja lebih murah. Jika dihitung secara total, naik pesawat atau jalur darat harganya nggak beda jauh kok.

Begitu sampai di Bandara Praya, langsung lanjutkan perjalanan menuju Kota Mataram dengan bus Damri, kemudian menuju Pelabuhan Bangsal dengan motor sewaan. Untuk menyeberang ke Gili, gunakan kapal biasa saja yang harganya sekitar Rp 15 ribu sekali jalan, dan pilih penginapan murah yang banyak tersebar di sepanjang Gili Trawangan.

sumber:flickr.com/benbeiske

Selain memiliki pantai yang cantik, pulau ini juga punya banyak spot snorkeling yang menarik. Tapi tentu saja kamu perlu biaya lebih untuk menikmati indahnya alam bawah laut di sana. Biar hemat, sewa sepeda kayuh saja yang harganya sekitar Rp 20 ribu per jam untuk keliling pulau. Kamu bisa foto-foto dan menikmati pantai yang cantik di Gili.

Total pengeluaran hari pertama:

Pesawat PP : Rp 1.200.000

Ongkos Bus DamriΒ  ke Mataram : Rp 20.000

Sewa motor 3 hari : Rp 210.000

Kapal laut sekali jalan : Rp 15.000

Parkir inap di Pelabungan Bangsal : Rp 5.000

Makan 3x sehari: Rp 100.000

Penginapan : Rp 100.000

Total : Rp 1.650.000

  • Hari Kedua

Cukup sehari saja menikmati indahnya Gili Trawangan karena Lombok terlalu cantik untuk dihabiskan di situ saja. Setelah check out dari hotel, kembalilah ke Pelabuhan Bangsal dan berkeliling ke tempat lain di Lombok.

sumber:flickr.com/ardhie_rachman

Pilihan terbaik untuk menikmati hari kedua di sana adalah menjelajahi kawasan Mandalika. Sejak beberapa tahun lalu, tempat wisata di Lombok ini selalu jadi incaran wisatawan karena keindahan alamnya yang amat mirip dengan daerah Sumba dan NTT.

Pantai di Mandalika cantik-cantik, dan semuanya bisa kamu jelajahi dengan menggunakan motor. Dalam perjalanan pulang dari Mandalika, mampirlah ke Desa Sade, tempat wisata di Lombok yang masih menjaga tradisi dan kebudayaannya sampai sekarang. Di sini, kamu bisa menemukan kain tenun khas Lombok dengan harga yang terjangkau, bisa buat oleh-oleh.

Tapi jangan lupa untuk kembali sebelum malam tiba, karena perjalanan ketika sudah gelap bisa berbahaya buat keselamatan kamu.

Tak perlu khawatir soal penginapan, karena di sekitar Mataram ada banyak hostel murah dan juga rumah backpacker yang menyediakan penginapan gratis.

Biaya hari kedua:

Bensin PP : Rp 20.000

Makan 3x: Rp 100.000

Penginapan: Rp 120.000

Oleh-oleh: Rp – (optional)

Total :Β  Rp 240.000

  • Hari Ketiga

 

sumber:beritagar.id

Setelah puas menjelajah tempat wisata di Lombok bagian utara dan selatan. Sekarang waktunya santai dan menikmati pantai-pantai dan kuliner lezat di sekitar Mataram.

Tidak jauh dari pusat kota, kamu bisa santai di Pantai Senggigi dan menikmati sate bulayak yang banyak dijual di sekitar pantai. Asyiknya, masuk ke Senggigi tidak ditarik karcis, kamu hanya perlu membayar parkir dengan harga yang murah.

Parkir: Rp 2.000

Sate Bulayak: Rp 20.000

Ongkos Bus Damri ke Bandara : Rp 25.000

Total : Rp 47.000

Total biaya selama 3 hari 2 malam di Lombok = Rp 1.937.000

Nah, ternyata dengan budget kurang dari 2 juta kamu sudah bisa jalan-jalan di Lombok dengan seru kan? Ada banyak tempat wisata di Lombok yang bisa kamu jelajahi selain beberapa destinasi di atas. Lengkapnya bisa kamu cek di Traveloka ya. Main ke Lombok yuk!

catatan: Harga yang dicantumkan hitungan kasar berdasarkan informasi yang dihimpun secara online, sewaktu-waktu bisa berubah ya!

 

22 Comments

Leave a Reply