Euphoria ASIAN GAMES 2018 Jakarta-Palembang, The Beyond Expectation

Siapa yang sudah tidak sabar menunggu hadirnya perhelatan akbar di tanah air tercinta, Indonesia. Kita akan menjadi tuan rumah dari pekan olahraga terbesar kedua setelah olimpiade. Betapa bangganya saya sebagai orang Palembang karena kota tercinta saya juga akan menjadi salah satu saksi acara ini berlangsung. Agustus ini ASIAN GAMES 2018 akan berlangsung di dua kota besar yakni di Ibukota Jakarta dan di kota pempek, Palembang. Pekan olahraga yang akan mengundang ribuan atlet dari berbagai negara ini akan membuat Jakarta-Palembang menjadi sibuk. Sejak dini semua sarana prasarana untuk mendukung acara tersebut disiapkan sedetail mungkin.

Energy Of ASIA menjadi slogan dalam ASIAN GAMES kali ini. Energi positif yang semangatnya benar-benar terasa. 45 negara di ASIA akan menginjakkan kakinya di Indonesia, menikmati atmosfer Jakarta-Palembang dengan keramahan yang kita miliki. Rasanya siapapun ingin turut membagi semangat ini dan rasa bangga menjadi tuan rumah ASIAN GAMES  2018. Seluruh warga Indonesiapun bersemangat untuk mendukung dan mensukseskan acara ini agar menjadi The Beyond Expectation Event. Melebihi semua ekspektasi, dari segi sarana prasarana yang dihasilkan hingga pencapaian medali nantinya.

ASIAN GAMES juga menjadi wadah kita untuk semakin memperkenalkan siapa INDONESIA. Memamerkan keragaman budaya, suku dan bahasa yang kita miliki. Menulis ini saja membuat saya begitu haru, betapa bangga dan senangnya menjadi salah satu saksi ajang besar ASIAN GAMES. Energy Of Asia mempersatukan kita yang berbeda agama, budaya hingga menghapus segala pertikaian politik untuk sama-sama menyatu dalam euphoria olahraga.

Kebetulan akhir Juli kemarin saya berkesempatan untuk pulang kampung ke Palembang, menemani suami yang juga sedang dinas disana. Betapa banyak perubahan yang terjadi setelah beberapa tahun tidak kesana. Ditambah lagi persiapan menyambut ASIAN GAMES ini banyak merubah sudut-sudut kota Palembang menjadi ciamik. Meskipun saat itu masih banyak proses pembangunan yang sedang berlangsung tapi sangat terlihat sekali bagaimana hasil dari kerja keras banyak pihak. Yup ASIAN GAMES benar-benar memberikan perubahan di kota tercinta Palembang – Jakarta.

Tak ingin melewatkan satu hari tanpa keluar Hotel, saya begitu excited untuk mengunjungi Jakabaring, kompleks olahraga yang akan menjadi venue ASIAN GAMES 2018. Rasanya stadion Jakabaring ini sudah menjadi must-see place kalau kamu berkunjung ke Palembang. Tempat dengan puluhan hektar yang akan disulap makin megah untuk menyambut ASIAN GAMES. Bayangkan saya dan suami sampai 3 kali memutari stadion ini untuk melihat segala persiapan yang sedang dilakukan. Jakabaring layak menjadi saksi perhelatan akbar ini, sarana dan prasarana yang ada disana sudah bertaraf International. Palembang juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang transportasi, mulai dari transportasi darat hingga bus air yang akan beroperasi di sepanjang sungai Musi.

 

 

Pemerintah dan banyak pihak benar-benar menyulap Jakabaring menjadi ‘mewah’ bahkan salah satu venue yaitu Aquatic Centre yang terdapat disana mampu mengalahkan venue yang dimiliki negara lain yakni Sydney. Aquatic Centre Jakabaring kini menjadi stadion renang terbaik di Asia, wow so proud!! Tidak hanya sudah bertaraf International tapi Aquatic Centre ini memiliki design yang modern, lengkap dengan sarana pendukung yang luar biasa. Huge Stadion, yaa Aquatic Centre ini bisa menampung sekitar 3000 penonton.

Tidak hanya Aquatic Centre yang membuat kita begitu amazed dan bangga, tapi masih banyak venue olahraga berdesain modern dengan material bertaraf International yang telah berhasil dicreate oleh pemerintah. The Beyond Expectation lainnya adalah kehadiran venue Dayung ASIAN GAMES, venue ini juga menjadi primadona yang membuat banyak orang berdecak kagum. Bayangkan saja, venue Dayung yang kita punya merupakan venue terbesar di Dunia, woww dunia loh bukan ASIA lagi. Rasanya ingin membawa diri ini masuk dan bisa berdiri di sana tapi apa daya saya hanya bisa menyaksikan melalui televisi. Namun kebanggaan dan rasa haru tidak bisa hilang ketika para atlet berada di sana, menggunakan sarana yang kita miliki.

Begitulah penampakan venue dayung Jakabaring yang menjadi terbesar di dunia. Luas venue ini sekitar 64 hektar dengan sarana yang sangat lengkap. Warga Palembang pasti sangat bangga dengan tampilan Jakabaring yang sekarang. Saat mengunjungi Jakabaring kemarin memang belum kelihatan perubahan yang significant, selain karena masih dalam proses dan pembangunan sana sini, saya juga tidak bisa masuk ke dalam untuk melihat. Jadi hanya sebatas berkeliling memutari stadion tersebut. Benar-benar luas dan membuat saya berdecak kagum. Tak heran ya venue ini mendapat banyak pujian dari para pembesar negara di Asia. Senang sekali Jakabaring benar-benar menyulap dirinya menjadi stadion ‘mewah’.

Sayangnya kunjungan saya ke Palembang saat itu hanya beberapa hari, rasanya ingin kembali ketika perhelatan akbar itu di mulai. Kota Palembang akan terus bangga menjadi salah satu kota yang sudah didatangi ribuan atlet dari berbagai negara ASIA. Warisan ASIAN GAMES seperti karikatur, spanduk-spanduk dan berbagai aksesoris ASIAN GAMES yang berada di sepanjang jalan jakarta Palembang akan menjadi saksi sejarah untuk generasi berikutnya. ASIAN GAMES 2018 memberikan banyak perubahan tidak hanya infrastruktur, sarana prasarana tetapi memberikan warna baru terhadap wajah masyarakat kita. Selain itu sarana prasarana yang dihasilkan untuk mendukung ASIAN GAMES 2018 ini berhasil melebihi ekpektasi, yaaa be The Beyond Expectation Event.

Semoga energi positif ini bisa terus kita rasakan. Energi yang menyatukan segala perbedaan yang ada, energi positif yang memberikan perubahan besar bagi kemajuan Indonesia. Semoga warga Indonesia tetap merasakan kebanggaan luar biasa dari perhelatan akbar ini. ASIAN GAMES 2018 yang berlangsung di Jakarta – Palembang ini benar-benar menjadi Beyond Expectation bagi semuanya. Luar Biasa…siapa kita?? INDONESIA.

Find ASIAN GAMES 2018 for more great capture and information

Thank you for reading:)

 

 

One Comment

Leave a Reply