Atasi Kolik Pada Bayi dengan INTERLAC

Hai moms kali ini aku mau sharing pengalamanku beberapa tahun lalu,  saat anak pertamaku mengalami kolik. Saat itu aku belum mengerti seperti apa kolik dan cara mengatasinya. Belum banyak informasi dan bekal yang aku siapkan sebagai seorang ‘ibu baru’. Kepanikan dan bingung harus melakukan apa lagi agar ia berhenti menangis. Ternyata menggendong dan menyusuinya tidak membuat tangisannya reda. Alhasil aku dan suami selalu terjaga saat malam.

Kelelahan dan kurang tidur membuat aku mengalami radang otot, sehingga aku harus menjalani fisioterapi. Alhamdulillah masa-masa menghadapi newborn yang terkena kolik hanya berlangsung selama 2 minggu. Dari kejadian itu aku banyak belajar untuk lebih mempersiapkan ‘bekal’ , lebih menggali ilmu parenting, lebih banyak membaca dan sharing dengan para moms lainnya. Pastinya Informasi yang cukup akan membantu tumbuh kembang anak menjadi optimal.

Sebenarnya kolik pada bayi bukan sebuah penyakit, karena masalah kolik ini justru dialami oleh bayi-bayi yang sehat. Namun tetap harus ditangani dengan tepat ya moms, agar pengalaman yang aku rasakan tidak dialami oleh moms lainnya. Apa sih kolik itu?

KOLIK merupakan kondisi dimana bayi terus menerus menangis kencang daripada biasanya. Dialami oleh bayi yang berusia 2 minggu hingga 4 bulan. Berdasarkan penelitian, ternyata 1 dari 5 bayi beresiko terkena kolik.

Memang cara paling mudah untuk mengetahui bayi terkena kolik atau tidak adalah ketika bayi menangis kencang tanpa penyebab yang jelas. Seperti bayi tidak BAK atau BAB, diapers tidak penuh, atau bayi tidak haus. Durasi menangis cukup panjang yakni 2-3 jam sehari. Indikasi lain dari kolik ini seperti :

  • Wajah bayi tampak kemerahan
  • Tangannya mengepal
  • Terjadi hingga 2 – 3 minggu

Untuk penyebabnya sendiri hingga saat ini belum diketahui pasti. Namun beberapa ahli menyebutkan jika kolik yang dialami bayi biasanya terjadi karena gangguan pencernaan. Seperti yang kita ketahui kalau sistem pencernaan pada bayi itu masih sangat rentan dan sangat sensitif moms. Asupan yang bisa dicerna bayi juga terbatas karena sistem cernanya yang belum matang. That’s why asupan terbaik untuk bayi yaa ASI. ASI satu-satunya nutrisi yang paling mudah diserap oleh sistem pencernaan bayi.

Sebenarnya nih moms para bayi itu terlahir dengan saluran cerna yang steril. Namun bakteri patogen bisa tumbuh, berkembang biak bahkan menjadi dominan karena adanya interaksi dengan orang dewasa. Hal itulah yang menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi. Kita sebagai orang tua sulit untuk membatasi interaksi bayi dengan orang sekitar, namun kita bisa mengatasi gangguan saluran cerna pada bayi dengan memberikan suplemen makanan yang mengandung probiotik.

Saluran cerna kita terdiri dari banyak microoraganisme, salah satunya bakteri baik atau probiotik. Probiotik merupakan microorganisme hidup yang jika jumlahnya tepat akan membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Kita sering juga mendengar adanya prebiotik dan sinbiotik. Prebiotik sendiri merupakan nutrisi yang diperlukan oleh bakteri baik untuk tumbuh dan menjadi dominan. Sedangkan Sinbiotik merupakan kombinasi dari probiotik dan prebiotik.

Syarat probiotik :

  • Dalam jumlah yang tepat
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • tahan terhadap proses produksi dalam pembuatan sediaan
  • Secara genetik stabil serta mampu menempel pada dinding usus

Bicara mengenai probiotik dan masalah gangguan cerna pada bayi, aku jadi ingin mengenalkan satu suplemen makanan yang memiliki kandungan probiotik, yaitu INTERLAC®.Jumat 30 November 2018 lalu, aku beruntung bisa menghadiri acara talkshow dari INTERLAC® ini . Banyak sekali informasi penting yang aku dapatkan dari acara tersebut. dr. Intan Diana Sari sebagai Head of Medical PT. Interlac menjabarkan lebih dalam mengenai fakta dan fungsi probiotik. Ternyata jumlah probiotik di dalam saluran cerna kita bisa berkurang karena konsumsi antibiotik dan penyebab lainnya. Untuk itu kita juga perlu konsumsi  suplemen probiotik untuk menambah jumlah bakteri baik di dalam usus kita.

Dalam acara talkshow yang berlangsung di IMBEX kemarin, hadir juga Bapak Mochamad Nurhadi (Brand Manager Interlac) yang memberikan informasi penting lainnya. Ternyata tidak semua produk yang mengandung probiotik dapat berfungsi optimal mengatasi kolik atau gangguan cerna lainnya karena probiotik yang masuk ke dalam usus harus dalam jumlah yang tepat. Selain itu jenis bakteri yang digunakan harus teruji secara klinis, seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Tentang INTERLAC® BioGaia

INTERLAC® BioGaia berasal dari Stockholm Swedia yang sudah berdiri sejak 1990. BioGaia sendiri merupakan perusahaan bioteknologi yang memproduksi probiotik. BioGaia sudah dikenal sebagai world Leader in Probiotics.

INTERLAC® BioGaia dapat mengatasi gangguan cerna seperti kolik pada bayi, sembelit dan mampu menjaga kesehatan saluran cerna. INTERLAC® berbeda dengan produk probiotik lainnya karena memiliki beberapa kelebihan seperti :

    1. INTERLAC® satu-satunya produk probiotik yang mengandung Lactobacillus reuteri protectis dimana jenis bakteri ini paling banyak diteliti di dunia.
    1. INTERLAC® tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi termasuk bayi yang alergi terhadap laktosa.
    1. INTERLAC® sudah diuji klinis dan menjadi probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara, bahkan digunakan langsung di unit NICU untuk bayi-bayi prematur.
    1. Tidak memiliki efek samping.
    1. INTERLAC® sudah mendapatkan predikat GRAS ( Generally Recognized as safe) dari US FDA yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan.
  1. INTERLAC® memiliki range produk yang lengkap sehingga bisa digunakan di semua usia.
Interlac Drops – Interlac Sachet – Interlac Tablet Kunyah
  • Interlac Drops : Digunakan untuk bayi dan anak, rasa netral. Untuk Penyimpanan, bisa disimpan disuhu ruang namun setelah dibuka sebaiknya disimpan di dalam kulkas.
  • Interlac Sachet :  Digunakan untuk bayi dan anak (usia 1-5 tahun), larutkan dengan sedikit air, dianjurkan dengan menggunakan sendok. 1 box berisi 30 sachet.
  • Interlac tablet kunyah strawberry : Tablet kunyah rasa strawberry. 1 tablet kunyah, 1 x sehari. Cocok digunakan untuk anak-anak di atas 4 tahun. 1 box berisi 30 tablet kunyah
  • Interlac tablet kunyah lemon : Tablet kunyah rasa lemon. 1 tablet kunyah, 1 x sehari. Cocok digunakan untuk dewasa. 1 box berisi 30 tablet kunyah

Nah Interlac ini bisa di beli di Guardian, Viva Health, baby shops atau secara online melalui Mothercare.co.id, JD.ID dan Orami. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi :

Official Website : www.interlac-probiotics.com

Instagram : @interlacprobiotics

Facebook : interlacprobiotics

Pencernaan Sehat Daya Tahan Tubuh Kuat!

#Interlac #InterlacxMBC #MomBloggerCommunity #InterlacProbiotics #Probiotics #Probiotik #TemanBaikUsusmu #Diare #Kolik #Sembelit #Pencernaan #DayaTahanTubuh
5 Comments

Leave a Reply